Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia.

1 Ulasan

Untuk anda yang sedang ada di Kebumen dan ingin meluangkan waktu untuk wisata, salah satu tempat yang bisa anda kunjungi untuk liburan anda adalah Pantai Menganti di Kebumen. Mengapa pantai ini layak dikunjungi? Berikut ini adalah alasannya.

Informasi singkat mengenai Pantai Menganti Kebumen

Salah satu pantai yang terindah yang bisa anda temukan di Kebumen adalah Pantai Menganti di Kebumen. Pantai ini memiliki daya tarik yang cukup banyak sehingga dapat membantu anda untuk menemukan tempat untuk melepas penat.

Pantai Menganti di Kebumen sendiri berlokasi di alamat Jl. Pantai Menganti di Kebumen, Karangduwur, Ayah, Kebumen. Pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang dikunjungi karena matahari terbenam dan kegiatan olahraga air yang bisa dicoba.

Sebaliknya, pantai ini adalah pantai yang memiliki ombak besar sehingga tidak semua orang bisa bermain air di pantai ini.

Pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Menganti di Kebumen ini juga tidak biasa. Jika pada umumnya, pantai yang menarik adalah pantai dengan pasir putih dan lautan yang bening, Pantai Menganti di Kebumen ini lebih banyak menawarkan keindahan yang unik berupa kombinasi pantai dengan perbukitan.

Perbukitan di pantai ini juga tidak sekedar digunakan sebagai background pemandangan tapi bahkan ada beberapa bukit yang menjorok ke lautan sehingga membuat pemandangan menjadi makin menawan.

Perbukitan yang ada di Pantai Menganti di Kebumen ini adalah perbukitan karst yang tinggi dan besar. Karena penampilannya ini Pantai Menganti di Kebumen banyak dikenal sebagai Pantai Hawai ala Indonesia.

Pantai Menganti kebumen

Asal muasal dari Pantai Menganti di Kebumen

Selanjutnya kita bahas mengenai nama dan asal muasal dari Pantai Menganti di Kebumen ini. Pantai Menganti di Kebumen memiliki nama Menganti yang diambil dari bahasa Indonesia menanti atau menunggu.

Nama ini disematkan pada pantai ini karena ada banyak cerita mengenai pantai yang menyebabkan pantai ini menjadi sebuah pantai pertemuan antara dua manusia.

Kisah pertemuan pertama adalah kisah seorang panglima Majapahit dengan kekasihnya dan juga kisah dari Syekh Maulana yang menanti temannya.

Sejarah modernnya, Pantai Menganti di Kebumen ini pada awalnya bukan merupakan pantai wisata, akan tetapi merupakan pantai biasa pada umumnya yang digunakan oleh nelayan untuk transit.

Akan tetapi dengan perkembangan wisata di Indonesia pantai ini kemudian di alih fungsikan sebagai pantai wisata sejak tahun 2011 yang lalu.

Tiket masuk ke Pantai Menganti di Kebumen

Untuk anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Menganti di Kebumen ini anda tidak perlu khawatir karena untuk berwisata di Pantai Menganti di Kebumen ini anda tidak perlu membayar terlalu banyak.

Biaya masuk ke dalam Pantai Menganti di Kebumen ini hanya Rp 10.000 saja. Biaya masuk ini bahkan sudah termasuk biaya parkir sehingga sangat menguntungkan.

Sayangnya, ketika di dalam Pantai Menganti di Kebumen ini anda mungkin akan menemukan banyak objek wisata atau wahana yang bisa digunakan. Untuk menggunakan objek wisata ini, maka anda harus bayar lagi.

Daya tarik dari Pantai Menganti di Kebumen

Untuk anda anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai daya tarik dari Pantai Menganti di Kebumen ini, maka kami akan membahasnya dengan lebih rinci.

Keindahan panorama pantai dan bukit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daya tarik utama dari Pantai Menganti di Kebumen ini adalah mengenai keindahan yang dimilikinya.

Tidak banyak pantai di Indonesia yang menawarkan keindahan perbukitan yang dipadu dengan keindahan pantai yang elok. Perbukitan yang menjorok ke pantai menjadi tebing yang besar dan tinggi yang pastinya menambah keindahan dari Pantai Menganti di Kebumen ini.

Banyak wahana yang murah

Selain itu, ada banyak spot dan wahana yang bisa digunakan di pantai ini sehingga membuat wisata di Pantai Menganti di Kebumen menjadi semakin menarik.

Salah satu contoh wahana wisata yang membuat Pantai Menganti di Kebumen menjadi makin mendapatkan perhatian adalah wahana balon udara dan sepeda gantung.

Sangat menarik bukan? Selain menarik biaya untuk mencoba wahana tersebut juga sangat murah, hanya Rp 15.000 saja anda sudah bisa menjajal wahana-wahana tersebut.

Deburan ombak yang dahsyat

Daya tarik lain mungkin tidak untuk semua orang. Daya tarik selanjutnya ini adalah mengenai ombak besar yang dimiliki oleh pantai. Ombak besar dari Pantai Menganti di Kebumen ini sangat populer.

Popularitas ombak ini disebut membantu untuk mereka yang gemar melakukan selancar. Bahkan Pantai Menganti di Kebumen ini kerap dijadikan salah satu tempat lomba selancar nasional karena ombaknya yang besar dan indah.

Rekomendasi Pantai Di Kebumen :

  1. Pantai Lampon Kebumen
  2. Pantai Bopong
  3. Pantai Karangbolong Kebumen
  4. Pantai Karang Agung
  5. Pantai Surumanis

Keindahan pasirnya

Satu lagi keindahan lain yang dimiliki oleh Pantai Menganti di Kebumen adalah karena pasir yang dimilikinya.

Pantai Menganti di Kebumen adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang bisa kita temukan di Indonesia. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu pantai yang istimewa.

Banyak objek untuk foto

Selanjutnya, selain memiliki wahana yang bisa dicoba, Pantai Menganti di Kebumen juga memiliki banyak objek yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang menarik.

Salah satunya adalah mercusuar setinggi 20 meter yang bisa memberikan anda pemandangan yang sangat indah dari ketinggian.

Banyak tempat wisata selain pantai

Di Pantai Menganti di Kebumen ini selain memiliki keindahan pantai juga memberikan anda pilihan wisata lain.

Beberapa objek wisata lain dari Pantai Menganti di Kebumen ini antara lain adalah air terjun dan gua di sekitar pantai. Gua yang ada di sekitar Pantai Menganti di Kebumen ini biasanya digunakan untuk tempat ziarah dari Maulana Malik Ibrahim.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Menganti di Kebumen

Jika dilihat dari daya tariknya, ini pada dasarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Menganti di Kebumen ini.

Mulai dari menikmati keindahan alam, berfoto, melakukan ziarah hingga bermain di wahana yang disediakan di Pantai Menganti di Kebumen ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Menganti di Kebumen adalah pantai yang dahulunya digunakan sebagai tempat transit untuk para nelayan bukan?

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya nelayan yang hingga kini menjajakan hasil berlautnya. Dengan begitu ada bisa membeli ikan hasil laut segar ketika berada di Pantai Menganti di Kebumen ini.

Wahana di Pantai Menganti di Kebumen

Beberapa dari wahana yang ada di Pantai Menganti di Kebumen ini sudah disebutkan sebelumnya.

Selain itu masih ada banyak lagi wahana yang bisa anda coba di Pantai Menganti di Kebumen ini, apa saja wahana yang ditawarkan oleh Pantai Menganti di Kebumen ini? Berikut adalah ulasannya.

Balon udara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu wahana yang bisa di coba di Pantai Menganti di Kebumen ini adalah balon udara yang dimilikinya.

Balon udara yang dimiliki oleh pantai ini memang sangat menarik dan bisa membawa anda untuk melayang beberapa menit.

Jangan bayangkan balon udaranya sama dengan yang di Cappadocia Turki yang bisa membawa anda berjalan jalan melintasi udara dalam waktu yang lama ya!

Meski hanya sebentar, wisata balon udara di Pantai Menganti di Kebumen ini cukup menarik karena selain memberikan pengalaman baru, biaya untuk naik ke balon udara juga sangat murah.

Sepeda gantung

Selanjutnya adalah wahana sepeda gantung. Wahana sepeda gantung ini adalah salah satu wahana yang memberikan anda banyak pengalaman baru dalam bermain wahana.

Dengan naik wahana ini anda bisa mendapatkan foto keren seperti sedang bersepeda di udara sekaligus untuk memacu adrenalin anda. Biaya naiknya juga sangat murah yaitu hanya Rp 15.000 saja.

Jembatan merah

Satu lagi wahana menarik di Pantai Menganti di Kebumen ini. Ia adalah jembatan merah. Lokasi wahana jembatan merah memang bukan ada di Pantai Menganti di Kebumen, akan tetapi ada di sekitarnya. Lokasinya paling tidak berjarak 300 meter dari pantai.

Memang perlu naik shuttle untuk sampai ke jembatan merah tersebut akan tetapi jembatan ini merupakan jembatan yang akan sangat cocok untuk anda yang suka mengoleksi foto-foto yang unik dan menarik.

Bukit Si Gatel

Salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Selain karena biaya masuknya yang gratis, lokasi dari Bukit Si Gatel yang dekat dengan pantai membuatnya menjadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Ketika anda akan melakukan wisata ke bukit Si Gatel ini, maka pastikan anda menggunakan pakaian yang nyaman karena akan sangat berkeringat.

Tanjung karang Bata

Salah satu situs wisata yang unik dan wajib anda kunjungi. Gunung ini adalah salah satu gunung api purba yang bisa ditemukan di Indonesia. Selain memiliki sejarah yang unik, pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Menganti di Kebumen ini cukup indah dan memiliki area yang sangat sejuk.

Fasilitas di sekitar Pantai Menganti di Kebumen

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Menganti di Kebumen ini? Untuk fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini ada banyak dan cukup lengkap.

Sedangkan di pantai sendiri anda akan menemukan gubuk penjunjung. Gubuk atau gazebo ini bisa anda gunakan untuk beristirahat atau untuk bersantai menikmati keindahan dari Pantai Menganti di Kebumen ini.

Selain itu untuk anda yang berencana tinggal lebih lama di Pantai Menganti di Kebumen, di sekitar pantai anda juga bisa menemukan tempat untuk menginap dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Atau jika anda memiliki jiwa petualangan yang tinggi anda bisa juga membuat tenda dan berkemah di sekitar pantai. Makanan di sekitar Pantai Menganti di Kebumen ini juga murah dan enak sehingga bisa membuat anda puas.

Rute menuju ke Pantai Menganti di Kebumen

Untuk anda yang akan pergi wisata di Pantai Menganti di Kebumen ini anda mungkin akan membutuhkan rute untuk perjalanan. Bagi anda yang berasal dari Kebumen kami memiliki 2 rute yang bisa anda ikuti.

Rute pertama adalah rute dari Kebumen ke Petanahan lalu ke Puring. Selanjutnya ke Karang Bolong dan pada akhirnya sampai ke pantai Menganti. Rute ini memang cukup menakutkan, kondisi medan perjalanan banyak menanjak dan berkelok.

Untuk rute yang lebih santai anda bisa menggunakan rute dari Kebumen ke Gombong lalu ke Pantai Logending dan akhirnya ke Pantai Menganti Kebumen.

1 Ulasan untuk Pantai Menganti Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah

  1. Pantai yang indah banget, bintang 5 pokoknya mah, toppp

Tinggalkan Balasan